SMK NEGERI SEKAR I Jl. Raya Miyono Kecamatan Sekar Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur 62167

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu
SMKN Sekar Bojonegoro Jl. Raya Miyono Kecamatan Sekar Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur Kode Pos : 62167 Instagram : @smknsekarbojonegoro Youtube : Esemgris TV

Senin, 22 Agustus 2022

Kegiatan Pemberangkatan Siswa Peserta Praktik Kerja Lapangan Tahun 2022/2023

Hari ini Senin, 22 Agustus 2022 siswa kelas XI dari kompetensi keahlian Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran (OTKP) diantar ke berbagai instansi untuk melaksanakan kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL). 

Praktik Kerja Lapangan (PKL) adalah bentuk penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan kejuruan yang diikuti oleh siswa dengan bekerja secara langsung di dunia usaha atau dunia industri (DU/DI), secara sistematik dan terarah dengan supervisi yang kompeten di bidangnya dengan tujuan memperoleh pengalaman dan kecakapan penguasaan keahlian di suatu bidang hingga mencapai suatu tingkat keahlian profesional tertentu.


Praktik kerja lapangan merupakan bagian dari Pendidikan Sistem Ganda (PSG) yang biasa dikenal juga dengan istilah Praktik Kerja Industri (PRAKERIN). Prakerin mulai diberlakukan di Indonesia berdasarkan kurikulum SMK tahun 1994, dipertajam dengan kurikulum SMK edisi 1999 dan dipertegas dengan kurikulum SMK edisi 2004. Dalam dinamikanya sampai saat ini kurikulum SMK 2013 edisi revisi diberlakukan dengan nama Praktik Kerja Lapangan dengan masa pelaksanaan 6-10 bulan, dimana dahulu hanya 3 bulan saja.

Praktik kerja lapangan dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang profesional di bidangnya. Dimana para siswa diharapkan dapat menerapkan ilmu yang didapat dan sekaligus mempelajari dunia industri. Praktik kerja lapangan merupakan suatu langkah nyata (substansial) untuk membuat sistem pendidikan dan pelatihan kejuruan lebih relevan dengan dunia kerja dalam rangka menghasilkan tamatan yang bermutu.

Praktik kerja lapangan bertujuan agar lulusan memiliki pengetahuan, keterampilan dan etos kerja yang sesuai dengan tuntutan dunia kerja, meningkatkan disiplin kerja dan memberikan penghargaan terhadap pengalaman kerja. Melalui program praktik kerja lapangan, pengalaman dan wawasan peserta didik mengenai dunia kerja akan bertambah sehingga kesiapan kerja peserta didik akan lebih baik.

Manfaat praktik kerja lapangan bagi siswa adalah untuk memperoleh pengalaman di dunia kerja dan menumbuhkan rasa percaya diri. Selain itu, melalui praktik kerja lapangan siswa dapat melatih dan menunjang skill yang telah dipelajari di sekolah untuk diterapkan, dapat menghayati dan mengenal lingkungan kerja sehingga siswa siap kerja di dunia usaha maupun dunia industri setelah lulus dari sekolah.

Berikut daftar nama siswa yang akan melaksanakan PKL :

Adira Finance :
1. Novi Septya Dewi
2. Nanda Kusuma Putri

Mega Finance :
1. Putri Novitasari
2. Tri Anisa'

PDAM Bojonegoro : 
1. Fiqy Aril Ahmad B.
2. Anis Idayanti

Statiun KA Bojonegoro :
1. Septia Kerina Wati
2. Ayu Herlina
3. Yesi Defina Sari

Koperasi Kareb : 
1. Kasan Dwi Wahyu Aji
2. Nita Nur Jayanti
3. Widia Cahyanti

Kantor Pos Bojonegoro : 
1. Andika Pratama
2. Saputra Devangga U.

Badan Pertanahan Nasional
1. Sefira Elviana
2. Revita
3. Intan Jenita Ana Martines

Bakorwil Bojonegoro
1. Eka Nur Aini
2. Elivia Nur Ramadhani
3. Avika Ayu Erawati
4. Luna Amelia

Cabdindik Prov. Jatim Wil. Bojonegoro : 
1. Amelia Putri Wahyudi
2. Nanda Novia Citra Y.
3. Amin Dimas Efendi
4. Totok Arianto

BPJS Ketenagakerjaan :
1. Carisa Vinandiana Putri
2. Tia Maulida

Pengadilan Agama Kab. Bojonegoro : 
1. Putri Eni
2. Enggar Puspito Rini
3. Ardian Yogi Pratama

IKIP PGRI Bojonegoro :
1. Anggi Septi Ananda
2. Della Arsita

Kantor Kecamatan Sekar : 
1. Ryan Toni Saputra


 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan sampaikan komentar Anda disini