SMK NEGERI SEKAR I Jl. Raya Miyono Kecamatan Sekar Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur 62167

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu
SMKN Sekar Bojonegoro Jl. Raya Miyono Kecamatan Sekar Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur Kode Pos : 62167 Instagram : @smknsekarbojonegoro Youtube : Esemgris TV

Minggu, 26 Februari 2023

Kegiatan Perkemaan Diklat DKR di Lapangan Sekar berjalan dengan lancar



Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega Ranting yang selanjutnya disingkat DKR adalah wadah pembinaan dan pengembangan kaderisasi kepemimpinan ditingkat Kwartir Ranting yang beranggotakan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega, berkedudukan sebagai badan kelengkapan Kwartir Ranting  yang diberi wewenang dan kepercayaan untuk mengelola Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega di Kwartir Rantingnya.

Jumat, 24 Februari 2023

KH. A. Nailin Fauz Misbah mengisi tausiyah dalam peringatan Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW 1444H di SMK Negeri Sekar






Lantunan Sholawat berjudul Assalamu’alaik yang dibawakan oleh Jamiah Sholawat Mahabbatur Rasul mengawali kegiatan peringatan Isra’ Mi’raj 1444 hijriyah di SMK Negeri Sekar. Suara alat musik darbuka yang dibawakan dengan penuh semangat menambah kemeriahan suasana.

Satu-persatu siswa dan guru yang mengenakan pakaian muslim/muslimah warna putih berdatangan menempati tempat duduk yang telah disediakan panitia.  Gerakan bibir dari siswa dan guru tampak mengikuti setiap alunan sholawat yang dibawakan Jamiah Sholawat Mahabbatur Rasul.

Rabu, 22 Februari 2023

Jelang peringatan Isra Miraj, Hadrah Mahabbatur Rasul SMKN Sekar giat berlatih



Kurang dua hari lagi, tepatnya besok pada hari Jumat tanggal 24 Februari 2023 SMK Negeri Sekar memperingati hari besar Islam Isra Miraj 1444 hijriyah. Berbagai persiapan telah dilakukan, selain persiapan panggung dan berbagai perlengkapan lainnya, siswa yang tergabung dalam hadrah Mahabbatur Rasul juga ikut bersiap.

Selasa, 21 Februari 2023

Akses Atas Angin ditutup, siswa SMK Negeri Sekar belajar di Masjid Miftakhul Jannah Deling

Siswa sedang melaksanakan briefing, menyimak penjelasan dari guru tentang kegiatan belajar yang akan dilaksanakan selama beberapa pekan kedepan

Dalam beberapa pekan ke depan sedang dilaksanakan proyek pengerjaan jalan menanjak di wisata Atas Angin oleh Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Bojonegoro. Siswa yang tinggal di Desa Deling tidak dapat berangkat ke sekolah karena jalan tidak dapat dilalui kendaraan.

Senin, 20 Februari 2023

Kegiatan Awal Pekan di SMK Negeri Sekar

Hari ini Senin, 20 Februari 2023 deretan kegiatan di SMK Negeri Sekar mulai pagi sampai sore berjalan dengan lancar. Banyaknya kegiatan di sekolah tidak mengurangi semangat Bapak/Ibu guru dalam menyalurkan ilmu, dan semangat anak-anak dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. 


  • Upacara Bendera
Pukul 07.00 WIB menjadi awal proses pembelajaran hari ini, seperti biasa siswa berkumpul di lapangan untuk mengikuti kegiatan upacara bendera hari senin. 

Bapak/Ibu pokja kesiswaan memberi komando kepada anak-anak untuk merapikan barisan dan mengecek kerapian siswa peserta upacara, satu guru berada di depan barisan sementara Bapak/Ibu guru yang lain di belakang barisan.

Setelah siswa rapi dalam barisan, protokol upacara membaca sususan upacara bendera sebagai tanda upacara bendera hari senin telah dimulai. Riuh peserta upacara sekejap menjadi hening dengan khidmat mengikuti jalannya upacara.


Rabu, 15 Februari 2023

Kerajinan dari Gear dan Rantai Bekas Karya Anak-anak SMK Negeri Sekar

Siapa sangka, bangkai kendaraan bisa dijadikan seni yang mengagumkan. Itu dibuktikan dengan karya kerajinan dari gear dan rantai bekas dari anak-anak kelas XII TSM SMK Negeri Sekar.



Gear dan rantai bekas semuanya berasal dari barang habis pakai dari bengkel tempat Praktik Kerja Lapangan (PKL) dan bengkel Ruang Praktik Siswa (RPS) SMK Negeri Sekar. Jiwa seni anak-anak terdorong dengan adanya pembuatan kerajinan ini. Onderdil yang menumpuk siswa sulap menjadi seni yang nyaman dipandang. Hasil karya anak-anak menjadi penghias kelas dan kantor.

Praktik membuat batik jumputan ala SMK Negeri Sekar

Batik merupakan kain bergambar atau bermotif khas Indonesia yang dibuat dengan cara menuliskan malam di kain. Secara singkat, batik dapat diartikan sebagai memberikan motif pada media dengan proses celup.

Ada berbagai macam batik yang bisa kita temukan di Indonesia, salah satunya batik jumputan. Batik ini merupakan jenis batik yang dibedakan berdasarkan cara pembuatannya.

Dalam kegiatan praktik mata pelajaran Seni Budaya dengan guru pengajar ibu Silvy Dian Puspitasari, S.Pd. pada  kelas XII BDP 1, Bu Silvy mengajak anak-anak untuk mempraktikkan proses pembuatan batik jumput mulai tahap persiapan sampai jadi sebuah karya kain batik dengan corak yang mempesona.



Kegiatan ekstrakurikuler bola voli SMK Negeri Sekar, giat berlatih untuk mengukir prestasi.

Kegiatan ekstrakurikuler bola voli SMK Negeri sekar  merupakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler pilihan yang banyak diminati oleh para siswa, selain seni tari, futsal dan musik. Ekstrakurikuler bola voli di SMK Negeri sekar dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok putra dan putri. Ekstrakurikuler bola voli baik putra dijadwalkan setiap hari kamis sore dan putri dijadwalkan latihan rutin tiap Senin sore pukul 15.00 sampai pukul 16.30 dibina dan dilatih oleh Bapak Agus Wibowo, S.Pd.



Ekstrakurikuler  bola voli merupakan wadah untuk menyalurkan minat dan bakat serta hobi para siswa di bidang olahraga. Selain itu, ekstrakurikuler ini juga dalam rangka pembinaan prestasi di bidang non akademik khususnya olahraga, selain ekstrakurikuler olahraga lain yang ada di SMK Negeri Sekar, yaitu futsal.

Selasa, 14 Februari 2023

Acara pemberian tali asih untuk Pak Andi Wijayanto ditutup dengan kejutan ulang tahun untuk Bapak Kepala Sekolah

Tempat kerja sering disebut sebagai rumah kedua dan rekan kerja sebagai anggota keluarga. Hal ini memperlihatkan betapa pentingnya penerapan nilai kekeluargaan dalam hubungan satu sama lain di tempat kerja. Bila hubungan demikian tercipta, orang akan merasa betah tinggal dan bekerja.  Lalu bagaimana jika salah satu rekan kerja kita dipindah tugaskan ?. Tentunya sebagai rekan kerja akan merasa sangat kehilangan.  

Kemarin pada hari Senin tanggal 13 Februari 2023 menjadi momen yang sangat menyedihkan. Bagaimana tidak ?, pada hari itu Bapak Andi Wijayanto memohon pamit. Orang yang sejak SMK Negeri Sekar ini baru berdiri bahkan gedung masih menumpang di SMPN 1 Sekar, harus pindah tugas ke SMK Negeri Margomulyo.  Acara ini memang di kemas sebelum rapat dinas dewan guru dimulai. 



Senin, 13 Februari 2023

Cuaca mendung tidak mengurangi semangat, disiplin dan khidmad pelaksanaan Upacara Hari Senin di SMK Negeri Sekar

Sudah menjadi sebuah kegiatan rutin setiap hari Senin, di setiap lembaga pendidikan melaksanakan kegiatan Upacara Bendera pada pagi hari sebelum Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dimulai termasuk di SMK Negeri Sekar.



Upacara Bendera hari Senin mempunyai manfaat yang sangat baik bagi upaya penumbuhan budi pekerti dan karakter bangsa, terutama nilai-nilai kebangsaan dan kebhinekaan. Nilai-nilai tersebut terkandung di dalam setiap urutan kegiatan/tata upacara bendera. Nilai-nilai tersebut diantaranya adalah nilai kedisiplinan, kepemimpinan, kerja sama dan kekompakan, kekuatan fisik dan mental, patriotisme (kepahlawanan), dan lain sebagainya.

Jumat, 10 Februari 2023

Membina Karakter Siswa melalui Sholat Berjamaah di SMK Negeri Sekar


Sholat Dzuhur berjamaah merupakan kegiatan yang sudah tak asing bagi warga SMK Negeri Sekar. Setiap pukul 12.00 WIB, sekolah selalu memberi waktu selama 30 menit agar bisa melaksanakan sholat dzuhur berjamaah. Kegiatan keagamaan ini sangat bermanfaat dalam meningkatkan tali silaturahmi antara sesama warga sekolah, baik antara siswa dengan siswa, maupun antara siswa dengan guru. Selain itu, sholat berjamaah juga dapat membantu dalam membina karakter siswa.  

Mengenal lebih dekat ekstrakuriler di SMK Negeri Sekar



Kegiatan ekstrakurikuler di SMK Negeri Sekar sebagai wadah pengembangan potensi peserta didik diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam penguatan pendidikan karakter. Peserta didik diharapkan dapat mengembangkan karakter profil Pelajar Pancasila yaitu : (1) berkebinekaan global, (2) bergotong royong, (3) kreatif, (4) bernalar kritis, (5) mandiri, dan (6) beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia.

Satuan pendidikan memiliki kewajiban untuk menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler sebagai wahana memfasilitasi pengembangan bakat dan minat peserta didik. Oleh sebab itu, kegiatan ekstrakurikuler harus dikelola secara sistematis dan terpola agar bermuara pada pencapaian tujuan yang dimaksud. Agar dapat menyusun dan mengembangkan kegiatan ekstrakurikuler yang tersistem dan terpola sekolah perlu memahami cara dan tahapan diperlukan panduan yang dapat membimbingsatuan pendidikan dalam menyelenggarakannya.

Kamis, 09 Februari 2023

Studi Tiru SMKN Sekar di SMKN 1 Plosoklaten Kediri


Studi tiru merupakan konsep belajar yang dilakukan pada suatu institusi yang dianggap lebih kompeten dalam suatu hal dengan maksud peningkatan mutu, perluasan usaha, perbaikan sistem dan penentuan kebijakan baru.  Studi tiru dilaksanakan dengan salah satu tujuan untuk membawa manfaat, meningkatkan sinergi, dan membangun kerja sama antara masing-masing lembaga pelaksana Studi Tiru. 

Dalam rangka Implementasi Kurikulum Merdeka di Tahun Pelajaran 2022/2023.  SMK Negeri Sekar Bojonegoro  mengadakan studi tiru di SMKN 1 Plosoklaten Kediri pada hari Kamis tanggal 9 Februari 2023.  Diikuti oleh 22  siswa  yang didampingi oleh Bapak Eko Budi Prasetyo, S.Pd., Gr., M.M. selaku waka humas dan 6 guru produktif keahlian agribisnis ternak ruminansia.  Berangkat dari sekolah tercinta tepat pukul 06.15 WIB dan tiba di SMKN 1 Plosoklaten pada pukul 08.30 WIB.  Rombongan dari SMKN Sekar Bojonegoro disambut dengan ramah dan hangat oleh tuan rumah bapak ibu guru SMKN 1 Plosoklaten.

Alasan memilih SMKN 1 Plosoklaten Kediri sebagai tempat studi tiru adalah dengan melihat prestasi-prestasi yang pernah diraih, diantaranya adalah juara lomba LKS tingkat provinsi maupun nasional, dan sekolah berbasis Agribisnis dan Agroteknologi yang sudah menjadi SMK Pusat Keunggulan.