SMK NEGERI SEKAR I Jl. Raya Miyono Kecamatan Sekar Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur 62167

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu
SMKN Sekar Bojonegoro Jl. Raya Miyono Kecamatan Sekar Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur Kode Pos : 62167 Instagram : @smknsekarbojonegoro Youtube : Esemgris TV

Jumat, 24 Februari 2023

KH. A. Nailin Fauz Misbah mengisi tausiyah dalam peringatan Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW 1444H di SMK Negeri Sekar






Lantunan Sholawat berjudul Assalamu’alaik yang dibawakan oleh Jamiah Sholawat Mahabbatur Rasul mengawali kegiatan peringatan Isra’ Mi’raj 1444 hijriyah di SMK Negeri Sekar. Suara alat musik darbuka yang dibawakan dengan penuh semangat menambah kemeriahan suasana.

Satu-persatu siswa dan guru yang mengenakan pakaian muslim/muslimah warna putih berdatangan menempati tempat duduk yang telah disediakan panitia.  Gerakan bibir dari siswa dan guru tampak mengikuti setiap alunan sholawat yang dibawakan Jamiah Sholawat Mahabbatur Rasul.

Adinda Desita Putri kelas dua belas dari kompetensi keahlian otomatisasi tata kelola perkantoran menambah kemeriahan dengan menyumbangkan suara emasnya,  sholawat yang dibawakan berjudul Rouhi Fidak. Adinda Desita Putri tampil dengan percaya diri.



Bapak KH. A. Nailin Fauz Misbah pengasuh Pondok Pesantren Asysyakur dari Desa Nglingi Kecamatan Ngasem Kabupaten Bojonegoro telah hadir dalam mejelis duduk berdampingan dengan Bapak Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Kepala Program Keahlian dan Guru Agama SMK Negeri Sekar. Widya Firnanda kelas 10 MP dan Siska Ayu Juliana kelas 10 ATR sebagai pembawa acara mengawali acara dengan salam dan mukadimah sebagai tanda inti acara telah dimulai.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan surat Al-Isra’ ayat 1 sampai dengan 10 yang dibawakan oleh Susi Olivia. Surat Al-Isra’ merupakan surat yang menjadi petunjuk bagi umat Islam tentang perjalanan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW dalam waktu satu malam. Kejadian ini merupakan salah satu peristiwa penting bagi umat Islam. Sebab, pada peristiwa ini Nabi Muhammad SAW mendapat perintah untuk menunaikan shalat lima waktu sehari semalam.



Dalam sesi sambutan, M. Sobirin sebagai ketua panitia menyampaikan sambutan. Dalam sambutannya M. Sobirin menyampaikan laporan mulai perencanaan dan persiapan hingga jalannya kegiatan. Dilanjutkan dengan sambutan yang kedua dari Kepala SMK Negeri Sekar.

Bapak Suyetno, S.T., M.T. sebagai Kepala SMK Negeri Sekar memberi sambutan bahwa rangkaian kegiatan Isra’ Mi’raj mulai dari persiapan hingga berakhirnya kegiatan diharapkan bisa menjadi proses pembelajaran yang mampu melatih kemandirian siswa. Dalam sambutannya beliau mengapresiasi kerja keras OSIS yang telah mempersiapkan kegiatan ini hingga acara ini dapat berlangsung dengan lancar.

Setelah sambutan-sambutan , dilanjutkan dengan Sholawat  mahalul qiyam , seluruh siswa dan guru berdiri dengan sangat semangat mengikuti lantunan sholawat yang dipandu oleh Jamiah Sholawat Mahabbatur Rasul. Menurut Sayyid Bakri bin Sayyid Muhammad Syatha Ad Dimyathi dalam kitab "I'anatut Thalibin", mahalul qiyam telah menjadi tradisi sewaktu diperdengarkan kisah kelahiran Nabi Muhammad. Sikap ini didasarkan pada anggapan baik (istihsan) terkait penghormatan untuk Nabi Muhammad SAW. Setelah membaca sholawat mahalul qiyam, dilanjutkan dengan mauidzotul khasanah oleh Bapak KH. A. Nailin Fauz Misbah.

Secara garis besar, selain menjabarkan sejarah isra’ dan mi’raj, dalam tausiyahnya beliau juga menyampaikan bahwa kita agar senantiasa ingat akan mati. Kullu Nafsin Za’iqatul Maut yang artinya jiwa-jiwa yang hidup pasti akan merasakan mati. Dan setelah mati, diyaumil qiyamah ada yang sangat kita nantikan, yakni syafaat dari Nabi Muhammad SAW. Maka dari itu beliau mengingatkan agar senantiasa membuktikan cinta kepada Nabi dengan membaca Sholawat. Keutamaan membaca shalawat nabi juga dapat memohonkan ampun dari semua kesalahan dan akan menjadi penghibur di alam kubur kelak kemudian hari. Di mana hanya amal ibadah yang menjadi teman bagi setiap makhluk hidup yang telah mati dan dikubur. Maka sudah semestinya bagi seluruh umat muslim untuk memperbanyak amalan baik sebagai bekal di kehidupan akhirat nanti. Wallahualam bish-shawab.

Semoga dengan adanya kegiatan Isra’ Mi’raj di SMK Negeri Sekar pada hari ini, dapat menambah ketaqwaan dan keimanan untuk keluarga besar SMK Negeri Sekar. Amiin.



 

7 komentar:

Silahkan sampaikan komentar Anda disini