SMK NEGERI SEKAR I Jl. Raya Miyono Kecamatan Sekar Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur 62167

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu
SMKN Sekar Bojonegoro Jl. Raya Miyono Kecamatan Sekar Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur Kode Pos : 62167 Instagram : @smknsekarbojonegoro Youtube : Esemgris TV

Selasa, 07 Maret 2023

Kegiatan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) SMKN Sekar Bojonegoro Tahun Pelajaran 2022/2023

Uji Kompetensi Keahlian yang selanjutnya disebut UKK merupakan penilaian (asesmen) terhadap pencapaian proses pembelajaran siswa yang dilaksanakan oleh satuan pendidikan terakreditasi bersama mitra dunia kerja dengan memperhatikan skill passport atau portofolio untuk menentukan apakah siswa kompeten atau belum kompeten pada standar kompetensi atau kualifikasi tertentu. Pelaksanaan UKK di SMK Negeri Sekar tahun pelajaran  2022/2023 menggunakan model pelaksanaan UKK Mandiri oleh SMK bersama mitra dunia kerja menggunakan standar minimal instrumen UKK yang disusun oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). 

Peserta UKK dari kompetensi keahlian Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran(OTKP) sedang memperagakan cara berkomunikasi dengan pelanggan dan kolega


Bapak Alfran R.T.Y.P, S.Pd. sebagai Waka Bidang Kurikulum SMK Negeri Sekar Bojonegoro dalam rapat dinas persiapan UKK memaparkan, pelaksanaan UKK bertujuan untuk :  (1) Mengukur pencapaian kompetensi peserta didik SMKN Sekar Bojonegoro yang telah menyelesaikan proses pembelajaran sesuai kompetensi keahlian yang ditempuh dan dibuktikan dengan sertifikat kompetensi; (2) Mengoptimalkan pelaksanaan sertifikasi kompetensi yang berorientasi pada capaian kompetensi lulusan SMK sesuai Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia; (3) Mendorong kerja sama SMK dengan dunia kerja dalam rangka pelaksanaan UKK sesuai kebutuhan dunia kerja.

Lebih lanjut Bapak Alfran menuturkan,  sasaran yang akan dicapai dalam Pelaksanaan UKK ini adalah: (1) Terlaksananya proses asesmen bagi seluruh peserta didik SMK kelas XII melalui serangkaian kegiatan uji kompetensi yang dilaksanakan secara efektif, efisien, dan terukur; (2) Diterbitkannya sertifikat kompetensi bagi seluruh peserta UKK yang dinyatakan kompeten sesuai kompetensi keahlian yang ditempuh.

“ Pelaksanaan Uji Kompetensi Keahlian pada umumnya merupakan salah satu event bagi siswa siswi SMK Negeri Sekar dalam mengekspresikan ketrampilan mereka selama belajar 3 tahun di bangku SMK, melalui pelaksanaan UKK ini kita sebagai pendidik akan mengetahui siapa saja siswa yang kompeten dan siap bersaing di industri dunia kerja (IDUKA) nantinya. ”, ujar Bapak Ridwan Ady Pranata, S.Pd.  salah satu Kepala Program Keahlian di SMK Negeri Sekar.

Peserta UKK dari kompetensi keahlian Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) sedang mempraktekkan perbaikan rantai dan ban


Lebih lanjut Bapak Suyitno, S.T., M.T. menambahkan, UKK untuk siswa tingkat XII bertujuan untuk mengukur kemajuan proses pembelajaran yang sudah dilalui selama masa pembelajaran mulai tingkat X dan XI. Sehingga diharapkan bisa menjadikan dasar perbaikan proses pembelajaran di SMKN Sekar ke depan menjadi lebih baik lagi sesuai dengan tuntutan dunia kerja/dunia industri.

Kepala Sekolah sedang berkoordinasi dengan penguji eksternal terkait pelaksanaan UKK


SMK Negeri Sekar melaksanakan kegiatan UKK pada tanggal 6 – 8 Maret 2023 yang diikuti oleh 144 peserta didik dengan penguji eksternal Ibu Anggi dari Ramayana Supermarket sebagai penguji kompetensi keahlian Bisnis Daring Pemasaran, Bapak Muhammad Ali dari KTT Ustan Mandiri sebagai penguji kompetensi keahlian Agribisnis Ternak Ruminansia, Bapak Widodo dari Yamaha SIP Bojonegoro sebagai penguji kompetensi keahlian Teknik dan Bisnis Sepeda Motor, yang terakhir  Bias Nur Elmira, S.Pi., M.M.  dan Ina Syarifah, S.Sos., M.AB. dari Politeknik Negeri Madiun sebagai penguji kompetensi keahlian Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran. 

Peserta UKK kompetensi keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran sedang menyimak pengarahan dari penguji internal





3 komentar:

  1. Semoga smk sekar semakin menjadi kebanggaan para alumni

    BalasHapus
  2. semoga benar2 memiliki keterampilan yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari2

    BalasHapus
  3. Utk jurusan ATR bisa di upload fotonya dong mas hendrik

    BalasHapus

Silahkan sampaikan komentar Anda disini