SMK NEGERI SEKAR I Jl. Raya Miyono Kecamatan Sekar Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur 62167

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu
SMKN Sekar Bojonegoro Jl. Raya Miyono Kecamatan Sekar Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur Kode Pos : 62167 Instagram : @smknsekarbojonegoro Youtube : Esemgris TV

Selasa, 16 Mei 2023

Purna Wiyata Angkatan 14 SMK Negeri Sekar Bojonegoro


8 Mei 2023 menjadi momen yang sangat berkesan untuk siswa kelas XII angkatan ke 14. Bagaimana tidak, hari itu sebanyak 114 siswa mengikuti kegiatan Purna Wiyata Angkatan 14. Acara berlangsung sangat meriah dengan mengusung tema "Mewujudkan Generasi Milenial yang Berkarakter dan Berbudaya Nusantara". Tema ini bertujuan untuk mendekatkan anak pada nilai-nilai kearifan lokal dan budaya nusantara. 



Acara Purnawiyata SMK Negeri Sekar Angkatan 14 diawali dengan penampilan tari Remo yang dibawakan oleh Devi Tiya Wulandari siswa kelas XI.   Pada setiap tari tradisional, pasti mengandung unsur seni, filosofi dan makna di setiap gerakannya. Gerakan tari ini seperti gerakan gedrug atau gerakan menghentakan bumi adalah suatu simbol kesadaran manusia atas kehidupan yang ia jalankan di muka bumi.Selain gerakan gedrug, gerakan gendewa pada tari ini juga memiliki makna bahwa setiap pergerakan manusia, yang sangat cepat seperti anak panah yang lepas dari busurnya. Ada pula makna dari gerakan tepisan yang mengandalkan kecekatan serta kecepatan tangan ketika bergerak. Ada pula gerakan tarian menggesekan kedua telapak tangan yang memiliki makna sebagai suatu simbol penyatuan kekuatan yang ada dalam diri seorang manusia dan Ngore Remo yaitu gerakan yang seperti merias diri, terutama pada bagian rambut. Dan masih banyak lagi filosofi yang terkandung dalam tari remo. 



Selanjutnya, Bapak Suyitno, S.T., M.T. selaku Kepala SMK Negeri Sekar memberi sambutan. Dalam sambutannya beliau berpesan kepada peserta purnawiyata agar selepas dari SMK Negeri Sekar anak-anak mampu menunjukkan ke masyarakat bahwa lulusan SMK Negeri Sekar mampu bersaing di dunia kerja. Bapak Kepala Sekolah berharap agar lulusan SMK Negeri Sekar menjadi tenaga-tenaga kerja yang profesional, beretitude dan disiplin. Selain itu, Bapak Kepala Sekolah juga berpesan untuk anak-anak yang akan melanjutkan kuliah agar tetap semangat dan bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu ke jenjang yang lebih tinggi.



Prosesi inti purnawiyata dimulai pada pukul 10.00 WIB, peserta purnawiyata satu persatu berjalan ke tempat prosesi inti yang di dalamnya terdapat Kepala Sekolah dan semua Wakil Kepala Sekolah. acara berlangsung khidmad, satu persatu peserta dipindakan tali toga nya. Ini menjadi momen haru yang akan selalu diingat oleh peserta purnawiyata.

Setelah prosesi inti, acara ramah tamah diisi oleh penampilan Esemgris Band dibawah bimbingan Bapak Ridwan Ady Pranata, S.Pd. Acara berlangsung sangat meriah, acara selesai pada pukul 13.00 WIB. Selamat dan Sukses untuk para peserta purnawiyata,  semoga semua lulusan bisa meraih sukses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan sampaikan komentar Anda disini