SMK NEGERI SEKAR I Jl. Raya Miyono Kecamatan Sekar Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur 62167

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu
SMKN Sekar Bojonegoro Jl. Raya Miyono Kecamatan Sekar Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur Kode Pos : 62167 Instagram : @smknsekarbojonegoro Youtube : Esemgris TV

Senin, 09 Oktober 2023

Kunjungan Industri SMK Negeri Sekar Bojonegoro di PT Nusantara Power Probolinggo


Kunjungan Industri adalah suatu kegiatan rutin tahunan yang dilakukan oleh siswa-siswi SMK Negeri Sekar Bojonegoro. Kegiatan Kunjungan Industri ini dilaksanakan dengan mengunjungi sebuah perusahaan yang menjadi contoh kegiatan atau gambaran pekerjaan yang akan dilakukan oleh siswa atau peserta didik ketika lulus SMK nanti.

Dalam kunjungan industri, siswa diajak untuk melihat bagaimana sebuah perusahaan beroperasi dan bekerja. Mereka diberikan sebuah gambaran tentang suatu pekerjaan di bidang keahlian mereka dan mereka juga diberikan gambaran tentang apa yang harus dilakukan dalam dunia kerja.

Kegiatan Kunjungan Industri SMK Negeri Sekar Tahun 2023/2024 dilaksanakan di Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Paiton 3 yang berlokasi di Desa Binor, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 14 September 2023.

Dengan adanya kegiatan Kunjungan Industri ini, diharapkan : 

  • Para siswa dan guru SMK dapat melihat dan merasakan secara langsung aktivitas yang dilakukan di dunia industri
  • Siswa dan guru SMK dapat mengambil pelajaran berharga dari pengalaman kunjungan industri (KI) tersebut, sehingga dapat memacu dan membangkitkan semangat untuk berprestasi dengan meningkatkan kompetensi setinggi-tingginya guna meraih sukses
  • Siswa dan guru dapat melihat dan merasakan langsung, bahwa disamping penting artinya untuk meningkatkan kompetensi sesuai dengan profesinya, juga sangat perlu untuk berlatih dan membiasakan hidup dengan bekal kemampuan attitude (sikap, tingkah laku, dan disiplin yang tinggi) yang wajib dimiliki oleh setiap peserta didik dan guru SMK 
  • Terjalinnya hubungan kerjasama yang saling menguntungkan antara sekolah dengan DU/DI 
  • Mengembangkan program sekolah sesuai dengan kebutuhan industri melalui sinkronisasi kurikulum (dalam mengembangkan kurikulum melibatkan industri), proses pembelajaran, teaching factory, dan pengembangan sarana dan prasarana praktik berdasarkan hasil pengamatan di industri. 
  • Mempererat hubungan antara Guru SMK dengan Institusi Pasangan guna mengembangkan kerjasama yang lebih konkrit sampai ketingkat MOU tentang Kunjungan Industri, Training bagi guru-guru SMK di Industri dan Informasi Lowongan Kerja.


Berikut adalah foto-foto kegiatan kunjungan industri siswa - siswi kelas XI SMK Negeri Sekar Bojonegoro ke PLTU Paiton Probolinggo :







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan sampaikan komentar Anda disini